Pebisnis saat Ini Kudu Lakukan Pemasaran Digital, Mengapa?

Menjadi seorang bisnis di tengah sulitnya mencari pekerjaan saat ini menjadi opsi yang dirasa paling tepat. Selain membuka lapangan pekerjaan bagi diri sendiri, menjadi seorang pebisnis bisa memberikan kesempatan terutama bagi masyarakat di sekitar yang belum memiliki pekerjaan. Setidaknya dapat meminimalisir pengangguran, bukan? Hanya saja, perlu modal yang tidak sedikit untuk pengurusan surat izin usaha, penyewaan tempat usaha, serta pembelian peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan. Akan tetapi, minimnya modal bukanlah hambatan. Saat ini, rata-rata bank menawarkan pinjaman untuk modal usaha. Pinjaman yang diajukan bakal diterima jika telah memenuhi syarat yang ditawarkan bank misalnya jaminan, tidak terdaftar dalam blacklist BI, punya prospek bisnis yang bagus, serta melengkapi beberapa dokumen identitas diri.

Di sisi lain, seorang pebisnis membutuhkan jiwa entrepreneur. Selain selalu optimis, mampu memimpin, dan berani mengambil resiko, pebisnis yang punya jiwa entrepreneur selalu punya inisiatif yang tinggi untuk mengembangkan kerajaan bisnisnya. Sebagai contoh dalam hal pemasaran. Sebagian besar masyarakat di zaman sekarang banyak melakukan kegiatan dengan memanfaatkan internet mulai dari berbelanja, mencari materi belajar, sampai dengan sekedar berkomunikasi dengan teman-teman. Atas dasar ini, pebisnis penting untuk memanfaatkan pemasaran digital. Berikut beberapa alasannya:

Pemasaran Digital

Meminimalkan biaya promosi  

Promosi, salah satu strategi untuk bisa mengembangkan bahkan memajukan bisnis. Bagaimana tidak? Dengan adanya promosi, bisnis bisa diketahui oleh masyarakat luas. Promosi juga dapat menciptakan image dari sebuah produk yang ditawarkan dalam bisnis. Untuk melakukan promosi, pebisnis tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk iklan di TV, koran, baliho, atau lainnya. Pebisnis bisa meminimalkan biaya promosi dengan pemasaran digital. Pertama, dalam pemasaran digital tentunya memerlukan sebuah website agar lebih maksimal. Website ini bisa dibuat gratis dari CMS tertentu. Kedua, sosial media sangat menunjang pemasaran digital. Bukan rahasia lagi kalau pembuatan akun sosial media tidak ada pungutan biaya oleh siapapun. Asalkan pebisnis harus bisa melakukan SEO, sosial media marketing, email marketing, atau strategi lainnya untuk memaksimalkan pemasaran digital, biaya promosi bahkan bisa dihilangkan. Kalau tidak bisa, biaya promosi hanya untuk membayar jasa digital agency.

Mendekat dengan pelanggan   

Pelanggan dalam sebuah bisnis harus bisa dipertahankan karena mereka yang membuat penjualan maksimal bahkan terus meningkat. Mengingat website bisa diakses kapanpun, secara otomatis pelanggan bisa melakukan transaksi secara mudah. Di sisi lain, pelanggan bisa melakukan komunikasi dengan penyedia bisnis dengan mudah melalui customer service atau live chat yang telah disediakan. Dengan cara ini berarti pebisnis semakin dekat dengan pelanggan. Kedekatan ini sejatinya salah satu faktor untuk bisa membuat pelanggan semakin loyal. Pelanggan yang loyal tidak hanya bertahan untuk melakukan pembalian di tempat yang sama melainkan bakal merekomendasikannya kepada orang terdekatnya.

Menjangkau calon konsumen yang lebih luas   

Internet bisa diakses oleh siapa saja bahkan semua orang di seluruh dunia. Artinya, ketika melakukan pemasaran digital calon konsumen bisa dijangkau dengan lebih luas. Kalau website untuk pemasaran digital yang dibuat mampu menarik perhatian calon konsumen entah itu dari artikel blog, penawaran harga, tema, atau produk bisnis yang tercantum dalam website, tentu saja bakal mengalihkan calon konsumen menjadi konsumen bahkan pelanggan. Kalau sudah begitu, tidak menutup kemungkinan pula mereka bakal merekomendasikan website kepada orang terdekatnya. Jika tidak pun, website akan semakin berkembang karena sejatinya makin banyak pengunjung website besar kemungkinan akan menunjang PR atau Page Rank website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *